Rabu, Januari 06, 2010

Berlaku Seperti Guru

Arti pahlawan tidak sama dengan pemimpin. Karena sesungguhnya tiap manusia adalah pemimpin bagi dirinya sendiri. Sedangkan pahlawan adalah orang yang dengan segenap kemampuannya berbuat banyak untuk orang lain di lingkungan sekitarnya. Lebih jauh lagi, pahlawan mampu menggerakkan orang-orang disekitarnya untuk berbuat jauh lebih baik. Sehingga perubahan terjadi ke arah yang semestinya.


Penganugerahan nama pahlawan selain karena jasa-jasa yang diberikan selama hidup, juga imbasnya dalam perilaku dan pemikiran masyarakat. Seseorang dicitrakan positif adalah berdasar informasi yang ada di sekelilingnya. Tentu saja hal tersebut dapat dilihat dari tindak nyata yang telah dilakukan.

Banyaknya pahlawan di Indonesia adalah berdasar apa yang telah diperbuat dalam hidupnya. Apa sumbangannya bagi negara.Gelar pahlawan tidak hanya disematkan untuk dihafalkan, tetapi adalah tentang bagaiamana jasanya dikenang dan perjuangannya tetap diwujudkan dalam keseharian oleh bangsa.

Penganugerahan gelar pahlawan selalu identik dengan usaha fisik yang dilakukan seseorang dan tentu saja yang menarik simpati penguasa. Lihatlah jasa pahlawan yang ada di Indonesia, dianugerahkan kebanyakan karena jasa fisiknya, tetapi melalui jasa pikiran tidak lebih banyak.

Kejahatan Soeharto terbayar oleh kebijakannya dulu semasa menjadi pemimpin oleh hal-hal yang tampak nyata oleh rakyat yaitu kesejahteraan rakyat. Mungkin oleh penguasa saat ini masih ada hal yang kurang pada jasa Bung Tomo untuk disebut sebagai pahlawan. Padahal Bung Tomo juga seperti pahlwan revolusioner yang lain, yang dengan gagah berani menghadapi penjajah di tanah air.

Sebenarnya apa kriteria menjadi pahlawan, apakah harus selalu dibawah tangan sang penguasa negri seseorang dianugerahi gelar pahlawan. Untuk hal demikian, rakyat yang harus bersuara. Karena seseorang yang mampu membawa perubahan ke arah yang lebih baik di dalam suatu tempat dapat disebut pahlawan. Baik melalui pemikuran maupun tindakan yang selalu menginspirasi rakyat untuk tetap berbuat baik.

Tidak menjadi soal ketika ada beberapa orang yang belum diakui sebagai pahlawan. Yang penting adalah anggapan rakyat mengenai seseorang layak disebut pahlawan atau tidak. Jadi sosok pahlawan sendiri melekat pada rakyat, bukan sekedar didengung-dengungkan oleh Presiden. Bersikap seperti guru, yang dikenal sebagai pahlawan tanpa tanda jasa. Tidak mengharap namanya dicantumkan dalam daftar nama pahlawan, tetapi jasa-jasanya selalu diteruskan oleh anak bangsa.

Lalu bagaimana dengan Gus Dur?

7 komentar:

sayaadalahasteria mengatakan...

yaa..guru memang pahlawan tanpa tanda jasa, walaupun kadang guru masih dianngap sebelah mata leh sebagian orang..

Anonim mengatakan...

Bgemana dg gusdur?
JelasLah beLiau bs d ktakan sbge pahlwan. .apalg beliau beliau tlah mmbuat perbhan bsar bg bgsa. .sert umt bragma d indnesa. .
Mka shruzna kt sbg rakyt lah yg hruz bs memperjuangknx. .agar geLar phlwan td smata2 brasal dr pguasa. .
Like diz pkokna. .

aulia mengatakan...

apa iya guru bisa dikatakan sebagai pahlawan?
kalau guru bisa dikatakan sebagai pahlawan, maka profesi lainnya juga donk...
karena sebagian besar guru yang saya ketahui justru matrealistis dan "gitu deh"..

guru sekarang memandang profesinya sebagai keterpaksaan, bukan sebagai profesi yang patut dibanggakan karena gajinya yang kecil.
Membuat saya kurang respect pada profesi ini (walau tidak semuanya).

Saya justru sangat menghormati guru yang bangga akan profesinya tanpa terpaku oleh penghasilannya.

Anisa Setya Arifina mengatakan...

Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa para pahlawannya dan tidak melupakannya....

abib mengatakan...

memang sekarang lama-lama terjadi pergeseran makna guru.

santo mengatakan...

yang namanya orang yang sudah memberikan dan menyumbangkan segalanya, baik yang berwujud materiil maupun non-materi tu dapat dikatakan GURU......

tanpa adanya orang yang berjasa di Indonesia pasti Indonesia tak kan merdeka....

dyTh, mengatakan...

sangat tidak mudah untuk menjadi seorang pahlawan..sayangnya sekarang kayaknya gelar Pahlawan dgn mudah disematkan pada beberapa orang shg makna dari Pahlawan itu sendiri mulai bergeser