Selasa, Desember 29, 2009

Menuju Pilkada yang Lebih Baik

Tahun 2010 merupakan pemilihan kepala daerah pertama yang dilakukan waga Semarang secara langsung. Karena pertama, maka akan terasa asing oleh masyarakat yang sebelumnya tidak tahu. Aoalagi masyarakat yang memang apatis untuk tidak memilih.
Beberapa calon mulai menunjukkan keberadaannya di Semarang melalui media-media yang dapat dilihat. Diantaranya baliho, spanduk, dan website. Beberapa yang muncul memang bukan nama yang asing, tapi ada juga yang benar-benar baru bahkan masyarakat belum mengenal sosoknya.
Sosialisasi yang dilakukan pemerintah belum maksimal. Seharusnya pemerintah kota turut serta mengkampanyekan untuk memilih yang sehat pada masyarakat. Sehat disini berart tanpa kepentingan apapun, tanpa paksaan. Selain itu pemerintah juga harus menggencarkan siapa calon-calon walikota sejak sekarang, bukan beberapa bulan sebelum pemilihan kepala daerah.
Dengan adanya media-media baik cetak maupun elektronik, sebaiknya dapat lebih dimaksimalkan untuk ajang promosi siapa saja calon walikota Semarang. Lalu diikuti oleh visi misi dan bukti nyata. Selain itu pemerintah sejak sekarang harus aktif agar masyarakat memilih dengan baik.
Harapan masyarakat semoga pemerintahan untuk 5 tahun ke depan akan lebih baik. Selain itu juga membawa Semarang menuju kota yang jelas, terarah, dan punya citra yang lebih baik lagi tak hanya nasional tapi juga internasional. Dan hal itu dapat dimulai dengan kesadaran masyarakat untuk memilih calon pemimpin yang tepat.

6 komentar:

Gendon mengatakan...

hmm.. yanga da sekarang kampanye hanya skeedar masanga slogan dan wajah, jadi calon pemilih ga tahu ni si caon punya apa yang bisa membawa daerahnya ke arah yang lebih baik. sosialisasi pemerintah pun kesannya cenderung asal2an, asal ada cukup tanpa memperhatikan apakah masyarakat aware akan sosialisasi tersebut

theroadtracker.blogspot.com

bato mengatakan...

berharap :
pemerintah (yang nantinya ini) bisa menghargai kearifan masyarakat lokal dan tidak menutup mata pada hal-hal kecil yang sebenarnya memicu kesemrawutan kota.. mereka pasti lebih tahu tentunya (tapi kadang tak mengacuhnya)

Like your words, Bob..
keep writin..
regard -bato-

sayaadalahasteria mengatakan...

semoga di taun ini calon pemimpin lebih baik dr taun" sebelumnya yaa..amin.

bdw, happy new year abib:D

Nurul Latifatun Nisa mengatakan...

iya say. moga onlen g cuma impian ^^

Anisa Setya Arifina mengatakan...

sosialisasinya harusnya calon-calon pemilih terjun ke lapangan langsung. Kalo masang spanduk atau baliho trus tata letaknya tinggi banget atau gede banget jadi orang yang liat harus menengadahkan kepala atau melihat dari jauh. Orang udah males duluan. Bukannya pejabat-pejabat tiu merupakan pelayan masyarakat, jadi harus "down to earth to ya". Tapi gak cuma pas kampanye ajaaa....

abib mengatakan...

sip...sip...
yg bener adalah pemimpin yang mau terjun ke masyarakat setiap saat, pun ketika tidak lagi menjadi pejabat